Produk Unggulan DIY

left direction
right direction
Srikaya
Srkaya (Annona squamosa) asal Gunungkidul Sinyonya te...
ITIK METARAM
Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki ...
Bawang Merah
Deskripsi produk Bawang merah atau brambang (Allium as...
Jambu Dalhari
Jambu Dalhari (Syzygium samarangense) mempunyai keung...
KAMBING PERANAKAN ETAWA MENOREH
KAMBING PERANAKAN ETAWA MENOREH Budidaya ternak kamb...
Bunga Krisan
Bunga krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuha...
Durian
Durian memiliki nama ilmiah Durio zibethinus merupaka...
Salak
Salak pondoh (Salacca edulis) merupakan komoditas bu...
 
 
 
 

Beranda | Dinas Pertanian DIY

Deteksi Dini Serangan WBC

Serangan hama dapat menurunkan hasil produksi tanaman padi hingga 80 %, bahkan puso apabila tidak ada tindakan pengelolaan hama. Hingga saat ini petani masih mengandalkan insektisida sebagai pengendali hama di lapangan, namun teknik aplikasinya seringkali tidak memenuhi rekomendasi sehingga berakibat timbulnya resistensi, resurjensi, terbunuhnya musuh alami dan keracunan pada ternak dan bahkan pada manusia.

Selanjutnya

Hati-hati, Serangan Tungro !

Serangan Tungro ?Apa itu? Tungro merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman padi. Penyakit ini menyebar tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi terjadi juga dibeberapa negara Asia lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dua virus, yaitu virus bentuk batang Rice tungro bacilliform badnavirus (RTBV) dan virus bentuk bulat Rice tungro spherical waikavirus (RTSV).  Kedua jenis virus tersebut dapat berada di dalam suatu sel secara bersama-sama karena antara satu virus dengan yang lainnya tidak terjadi proteksi silang. Kedua jenis virus tersebut tidak memiliki kekerabatan serologi dan dapat menginfeksi tanaman secara bersama-sama.

Selanjutnya

Ayo, Kita Tanam Refugia

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya menjadi hak asasi setiap manusia. Pemenuhan kebutuhan pangan tersebut dihadapkan pada berbagai tantangan diantaranya perubahan iklim global,  konversi lahan, dan laju pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu, upaya peningkatan produksi melalui operasional perlindungan tanaman perlu dilakukan secara profesional yaitu dengan strategi pengamanan produksi terhadap gangguan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) sesuai konsepsi dari PHT. Salah satu penerapan dari konsepsi PHT yang berkait dengan organisme adalah menjaga dan memelihara keanekaragaman hayati. Bagaimana caranya ?

Selanjutnya
 
 
 
 

Tegur Sapa

Online

Kami memiliki 4 Tamu online

Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan website ini?





Hasil