You are here: Informasi Berita Gubernur DIY: “Bidang peternakan banyak menangani komoditas yang bersifat demand driven”
 
 

Gubernur DIY: “Bidang peternakan banyak menangani komoditas yang bersifat demand driven”

E-mail Cetak PDF

Distan-PI. Pernyataan tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (Distan DIY) Ir. Akhmad Dawam yang membacakan sambutan Gubernur DIY dalam Rapat Koordinasi Teknis tingkat Nasional I (Rakorteknas I) Tahun 2013 Lingkup Ditjen Peternakan pada (14-16/2) di Hotel Sahid Raya Yogyakarta.

“Komoditas demand driven adalah komoditas yang akan terus dibutuhkan dan diminta oleh masyarakat, seiring dengan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,”lanjut Ir. Akhmad Dawam membacakan sambutan Gubernur DIY.

“Dengan tingkat rata-rata konsumsi daging sapi 1,87 kg/kapita/tahun, Indonesia memerlukan setidaknya 448.000 ton daging sapi per tahun. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 85 % yang dapat dipenuhi oleh produksi daging sapi dalam negeri. Angka kebutuhan itulah yang akan diupayakan untuk dapat terpenuhinya seluruhnya dari dalam negeri, demi tercapainya program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDS-K) Tahun 2014,”kata Ir. Akhmad Dawam membacakan sambutan Gubernur DIY.

Guna mendongkrak sektor peternakan di DIY, salah satu usaha yang telah dilakukan Pemda DIY adalah dengan mengembangkan kawasan atau sentra produksi hewan ternak, untuk kawasan pengembangan sapi potong berada di Kabupaten Gunungkidul, dan untuk kawasan pengembangan sapi sapi perah dan kambing yang merupakan komoditas unggulan ternak di DIY, masing-masing bersentra di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

“Melalui Dinas Pertanian DIY, Pemda DIY aktif dan ikut andil dalam memberikan pembinaan maupun penyuluhan intensif kepada peternaka, penyediaan dana bantuan hibah, serta penggalangan komitmen perusahaan swasta dan BUMN dalam bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR),”tutup Ir. Akhmad Dawam membacakan sambutan Gubernur DIY.

Acara Rakorteknas I ini secara langsung dibuka oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Ir. Syukur Iwantoro, MS., MBA, dan dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan dan SDA Setda DIY Ir. Retno Setijowati, MS., Plt. Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Akhmad Dawam, Kepala UPT Lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan. (Admin)