You are here: Informasi Berita Terobosan Baru UPTD BPTP
 
 

Terobosan Baru UPTD BPTP

E-mail Cetak PDF

Distan-PI. Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Proteksi Tanaman Pertanian (UPTD BPTP) merupakan salah satu unit teknis yang berada di bawah Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (Distan DIY). UPTD BPTP Distan DIY memiliki salah satu tugas dan fungsi yang berkaitan dengan perlindungan atau proteksi tanaman pertanian di wilayah DIY.

Kegiatan penyuluhan terkait dengan penanggulangan penyakit pada tanaman pertanian hingga saat ini terus dilakukan dengan mengerahkan petugas POPT yang telah diberikan pelatihan dan ketrampilan dalam Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT).

Belum lama ini UPTD BPTP Distan DIY melakukan terobosan baru dengan menyelenggarakan SLPHT bagi anggota TNI khususnya anggota Babinsa dan Kodim. Pembukaan SLPHT bagi anggota TNI ini diselenggarakan di Laboratorium UPTD BPTP Gesikan, Bantul (20/2). Pembukaan secara langsung dilakukan oleh Kepala UPTD BPTP Distan DIY Ir. Nono Hartanto.

Pada kesempatan tersebut Ir. Nono mengatakan SLPHT bagi anggota TNI ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia dimana yang sudah-sudah SLPHT dilperuntukkan bagi petani dan SLPHT bagi anggota TNI ini dikhususkan untuk tanaman padi. Pada periode pertama ini akan diangkat sebanyak 25 orang POPT dari anggota Babinsa dan Kodim.

“Sekolah lapang akan dilaksanakan sebanyak 13 kali pertemuan selama 13 minggu, pada minggu terakhir akan dilaksanakan evaluasi kegiatan sekolah lapang. Diharapkan lulusan-lulusan SLPHT ini dapat menjadi petugas POPT yang handal dan terampil di wilayahnya masing-masing, dan ilmu yang diperoleh selama sekolah lapang dapat ditularkan kepada masyarakat di lingkungannya,”lanjut Ir. Nono.

Kegiatan sekolah lapang ini juga untuk mendukung program dari pemerintah untuk mewujudkan swasembada beras pada tahun 2014. (Admin)